sub GKJ: Arti PEMUDA Dalam Pandangan ISLAM

Arti PEMUDA Dalam Pandangan ISLAM

0 komentar


arti PEMUDA Dalam pandangan ISLAM 


PEMUDA..?? saya mengajak anda sekalian pembaca terlebih dahulu untuk merenungi, apa  yang terlintas di benak pembaca sekalian tentang pemuda?

Islam adalah agama yang sangat memeperhatikan dan memuliakan para pemuda. Begitupun al-Qur'an sendiri juga banyak menceritakan gambaran-gambaran mengenai pemuda, Begitu juga ada banyak hadist yang menceritakan tentang pemuda, sebagaimana salah satu hadist ini, Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda dalam hadits Abdullah bin Mas’ud -radhiallahu ‘anhu-, “Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada Hari Kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang 5 (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan kemana dia keluarkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya”. (HR. At-Tirmizi) Hadits di atas jelas menunjukkan bahwa masa muda merupakah salah satu nikmat terbesar yang akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah,  sekaligus menunjukkan bahwa Islam sangat memperhatikan usia muda dan para pemuda.
“Setiap kali saya menghadapi masalah-masalah besar yang saya panggil adalah anak-anak muda (Umar bin khattab”). Perkataan Umar ini juga menunjukan bahwa begitu besarnya pengaruh yang bisa diciptakan oleh tangan-tangan para pemuda dan juga tidak diragukan lagi bahwa para pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam tatanan kehidupan manusia secara umum dan masyarakat kaum muslimin secara khusus
Pemuda dan islam , kita semua mengetahui bahwa dua kata tersebut adalah dua pondasi yang mempunyai pengaruh besar dalam keberlansungan hidup pribadinya, keluarganya, masyarakatnya tempat dia tinggal dan bahkan Negara yang dia tinggali, dan dengan kedua kata tersebutlah jika saling bersatu Insya Allah dunia ini akan menuju kepemimpinan yang hakiki
Sepanjang sejarah manusia, pemuda adalah pelopor, karena banyak di temukan berbagai perubahan yang terjadi di setiap bangsa, pemuda adalah penggeraknya. Di balik setiap transformasi sosial, motor utamanya tak lain adalah pemuda. Ibarat sang surya, maka pemuda bagaikan sinar matahari yang berada pada tengah hari dengan terik panas yang menyengat. Berbagai bakat, potensi, kecenderungan, baik mengarah kepada kebaikan maupun kepada kejahatan memiliki dorongan yang sama kuatnya ketika pada masa muda. Itulah sebabnya, kegagalan dan keberhasilan seseorang, kematangan kepribadian manusia pada masa tua ditentukan oleh masa mudanya.
           Pemuda juga di harapkan sebagai wajah dan potret masa depan Indonesia, oleh karena itu mengapa pemuda bagian dari salah satu  tiang suatu Negara yang berarti sebagai salah satu factor terbentuknya suatu Negara menuju masyarakat yang madani, tapi kita telah dikagetkan oleh sebuah fakta yaitu begitu banyak dari generasi muda saat ini yang sudah jauh dari agama, hancur moralnya dan buruk kelakuannya. Sehingga kedepannya secara otomatis juga akan berdampak buruk terhadap lingkungan tersebut, Secara garis besar hal ini dikarenakan pembentukan dari karakter pemuda tersebut belum menyadari akan akar sejarahnya dengan kuat, yang dimana banyak pemuda yang kita ketahui pada zaman dahulu banyak membuat decak kagum kita, tapi sekarang kita sekali lagi dikagetkan oleh sebuah fakta bahwa generasi muda saat ini mengalami Krisis karakter.

Pemuda juga ketika kita mendengar katanya bisa lansung banyak mengartikan  dari sejarah-sejarah yang pernah ada akan kehebatan dari seorang pemuda, dari nilai umum yang kita ketahui akan kehebatan-kehebatan yang dimiliki oleh seorang pemuda yaitu energy  yang berlebih, semangat yang membara, kekuatan yang tiada habisnya, daya kreasi yang tak pernah terhenti dan generasi untuk kepemimpinan masa depan, tapi itu semua tetap kita kembalikan lagi kepada bagaimana pembentukan karakter pribadi dari pemuda itu sendiri yang itu akan menjelaskan bagimana dia akan terbentuk seperti yang diharapkan, bahkan salah seorang ulama mengatakan bahwa tampilnya kebaikan umat, tergantung bagaimana kebaikan akhlak pemudanya. Hal ini membuktikan bahwa pemuda adalah sebuah bagian penting dalam kehidupan masyarakat sebagai keberlansungan hidup yang sejahtera.












DAFTAR PUSTAKA
   

v  Pemuda Dalam Islam | Al-Atsariyyah.Com
v  Catatan Seorang iLmuwan ..: Pemuda Dalam Pandangan Islam
v  Lamuri Online: Pemuda, Dimanakah Kalian Berada? Oleh : Ahmad Faizuddin, M.Pd
v  PERAN PEMUDA DALAM ISLAM (Sebuah Refleksi Pemuda Dahulu dan Sekarang) Oleh: Dedi Sufriadi ed Daudy
v  Panggung Pemuda  Oleh: Anis matta, Lc
v  Pesan untuk Pemuda Islam « Aufia, blognya keluarga Aufa

v  http://majalah.hidayatullah.com/?p=2907


Posting Komentar